Senin, 30 Maret 2015

catatan#10 : review : 2011 Bajaj Pulsar 220F

Udah bangun pagi eh tiba-tiba dapat jarkom kuliah batal, ya daripada mandinya mubazir ya mending ngeblog aja (gak mau rugi, haha). Ehm, jadi ceritanya Kamis kemaren ane ditawarin temen, sebut saja Sindu (nama sebenarnya) buat nyobain motor barunya (ato lebih tepatnya baru dapet beli seken) sesuai judul : Bajaj Pulsar 220F brojolan tahun 2011.
tampang standarnya kira-kira kek gini, pic : Google
Motor ini dibeli seharga 8jt, lumayan murah dengan kondisi yang menurutnya masih oke walaupun beberapa parts ori sudah diganti oleh pemilik sebelumnya. Begitu berpindah tangan si motor indihe langsung diangkut ke bengkel spesialis Bajaj di bilangan Ciputat, katanya sih cuma mau copot half fairing, eh ternyata keterusan sampe modif kaki-kaki. Padahal sudah ane peringatkan sebelumya, kalo ndak kuat iman, racun modif bisa lebih memabukkan daripada miras dan semacamnya gans..#halah.
Oke gak pake basa-basi lagi, berikut review sotoy dari ane..

First Impression
Kesan bongsor namun kompak begitu terlihat, maklum di awal kemunculannya motor ini sepertinya memang sengaja dibenturkan dengan Honda Tiger dan Yamaha Scorpio di kelas sport touring 200cc keatas. Kalo menurut ane sih ini motor India banget ya dengan kombinasi rounded dan lekukan tajam di beberapa sisi, dan kayaknya sih desain model gini bakalan everlasting. Untuk build quality, ane rasa motor ini sedikit lebih baik dibandingkan P200NS terbaru terutama di kualitas plastik body las-las an dan catnya. Oya, motor ini udah dimodif di beberapa bagian oleh Sindu dan pemilik sebelumnya. Emang jadi makin kekar sih, tapi ane rasa kok image sebagai motor touring semi adventure malah jadi ilang berganti streetfighter gitu ya, hmmm
penampakan terkini sang serigala hitam, abaikan background yang agak kurang catchy

batok depan pake punya sang adik, P135LS
cakram aftermarket di velg V Rossi
knalpot dan shockbreaker yang merknya lupa nanya..btw kaliperny Bybre!!
shroud fiber buat nutupin bekas mutilasi half fairing

Fitur
Motor ini dibekali beberapa fitur value added dibandingkan dengan motor Jepang sekelas dengan adanya half fairing, speedo digital dan shockbreaker plus gas nitro nya. Dari sisi mesin, 2 busi plus oil cooler juga menjadi fitur yang cukup jarang ditemui di kompetitor. Sayang motor ini suspensi belakang e udah diganti produk aftermarket, jadi ga bisa ngerasain ajrutannya dah.
DTS-i plus oil cooler, mayan..
indikatornya kumplit juga
Handling
Masuk jajaran klan sport touring, tentu motor ini didesain sedemikian rupa agar nyaman untuk digunakan berlama-lama di jarak jauh. Tapi ada tapinya lo (berasa tapiception), dengan tinggi jok yang lumayan, pria dewasa dengan TB 165cm ke bawah kayak ane (sejenak hela napas) jelas kudu jinjit balet. Ditambah dengan bobotnya yang amit-amit (1,5 kuintal lebih men!!), butuh tenaga dan effort yang lumayan buat geser-geser. Untuk riding position motor ini sebenernya cukup nyaman, posisi tubuh tegak disupport fuel tank yang gak begitu tinggi dan jok yang empuk. Cuma sayang, setang model clip on (walopun posisinya lumayan tinggi) radius putarnya ane rasa masih terlalu sempit, jadi bikin agak ribet waktu belok patah. Sedangkan untuk nyelip-nyelip di kemacetan, motor ini termasuk lincah buat ditekuk. Pas digeber stabil dan anteng pula, mungkin efek bobot dan kaki yang gambot kali ya.
dingklik mana dingklik
coba diganti stang baplang, makin nyosss
dingklik detected pt.2


Performa
Tancap kunci, starter, betot gas..suara mesin zwing..zwing khas Bajaj sayup terdengar di sela suara knalpot custom yang menggelegar. Tapi pas ane coba bejek kok tarikannya berasa biasa aja ya..nggak lemot tapi kurang ngejambak gitu buat ukuran motor SOHC overstroke 220cc dengan klaim power mencapai 21,04 PS @8500 RPM. Usut punya usut, ternyata selain efek masang velg plus ban tapak lebar tanpa menyesuaikan ukuran gir belakang, settingan karbu dan knalpot yang kurang pas juga disinyalir menghambat potensi tenaga badak sang serigala (errr, hewan macam apa ini..)
Ane juga belom berhasil dapet topspeed dan nyampe redline, maklum pas ngetes kemaren jalanan Bintaro lagi macet-macetnya jam pulang kerja gans. Ditambah komstir plus rem belakang yang kayaknya lagi error dengan suksesnya bikin ane kagok. Jadi gagal dah mengeksploitasi performa si P220F, huvt.

nyoba geber di sekitar kontrakan, untung aja ga digebukin warga
pelan dikit biar ketangkep kamera
Kesimpulan
Dengan modal 8jt an (harga second di Bintaro sekitarnya), P220F jelas menjadi alternatif menggoda buat kaum Homosek Kampak Merah (hobi motor seken kantong cepak demen yang murah) yang pengen nyobain motor "laki" dengan fitur dan performa yang lumayan oke. Urusan tampilan juga cukup dipoles dikit biar gahar, gak perlu banyak banyak dioprek kayak merk sebelah, hehe. Terakhir soal servis dan ketersediaan sparepart, kayaknya agans ndak perlu terlalu khawatir karena bengkel spesialis dan forum Pulsarian cukup banyak, tinggal uletnya kita nyari info aja, hehe
blogger newbie nan kharismatik numpang nampang #halah
Oke sekian review dari ane, see ya!!

Note for  +gede sindu : ndes ki motormu tumpak'ane gak karuan je, mbok yo minimal diservis plus ganti oli ngunu, ojo muk asal iso nggo mboncengno dedek-dedek ae...#eh

0 komentar:

Posting Komentar

 
Free Flash TemplatesRiad In FezFree joomla templatesAgence Web MarocMusic Videos OnlineFree Website templateswww.seodesign.usFree Wordpress Themeswww.freethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree CSS Templates Dreamweaver