Udah bangun pagi eh tiba-tiba dapat jarkom kuliah batal, ya daripada mandinya
mubazir ya mending ngeblog aja (gak mau rugi, haha). Ehm, jadi ceritanya Kamis kemaren ane ditawarin temen, sebut saja Sindu (nama sebenarnya) buat nyobain motor barunya (ato lebih tepatnya baru dapet beli seken) sesuai judul : Bajaj Pulsar 220F brojolan tahun 2011.
|
tampang standarnya kira-kira kek gini, pic : Google |
Motor ini dibeli seharga 8jt, lumayan murah dengan kondisi yang menurutnya masih oke walaupun beberapa
parts ori sudah diganti oleh pemilik sebelumnya. Begitu berpindah tangan si motor
indihe langsung diangkut ke bengkel spesialis Bajaj di bilangan Ciputat, katanya sih cuma mau copot
half fairing, eh ternyata keterusan sampe modif kaki-kaki. Padahal sudah ane peringatkan sebelumya, kalo ndak kuat iman, racun modif bisa lebih memabukkan daripada miras dan semacamnya gans..
#halah.
Oke gak pake basa-basi lagi, berikut
review sotoy dari ane..
First Impression
Kesan bongsor namun kompak begitu terlihat, maklum di awal kemunculannya motor ini sepertinya memang sengaja dibenturkan dengan Honda Tiger dan Yamaha Scorpio di kelas sport touring 200cc keatas. Kalo menurut ane sih ini motor India banget ya dengan kombinasi
rounded dan lekukan tajam di beberapa sisi, dan kayaknya sih desain model gini bakalan
everlasting. Untuk
build quality, ane rasa motor ini sedikit lebih baik dibandingkan P200NS terbaru terutama di kualitas plastik
body las-las an dan catnya. Oya, motor ini udah dimodif di beberapa bagian oleh Sindu dan pemilik sebelumnya. Emang jadi makin kekar sih, tapi ane rasa kok
image sebagai motor
touring semi adventure malah jadi ilang berganti
streetfighter gitu ya, hmmm
|
penampakan terkini sang serigala hitam, abaikan background yang agak kurang catchy |
|
|
|
batok depan pake punya sang adik, P135LS |
|
cakram aftermarket di velg V Rossi |
|
knalpot dan shockbreaker yang merknya lupa nanya..btw kaliperny Bybre!! |
|
shroud fiber buat nutupin bekas mutilasi half fairing |
|
|
Fitur
Motor ini dibekali beberapa fitur
value added dibandingkan dengan motor Jepang sekelas dengan adanya
half fairing,
speedo digital dan
shockbreaker plus gas nitro nya. Dari sisi mesin, 2 busi plus
oil cooler juga menjadi fitur yang cukup jarang ditemui di kompetitor. Sayang motor ini suspensi belakang e udah diganti produk
aftermarket, jadi ga bisa ngerasain ajrutannya dah.
|
DTS-i plus oil cooler, mayan.. |
|
indikatornya kumplit juga |
Handling
Masuk jajaran klan
sport touring, tentu motor ini didesain sedemikian rupa agar nyaman untuk digunakan berlama-lama di jarak jauh. Tapi ada tapinya lo (berasa
tapiception), dengan tinggi jok yang lumayan, pria dewasa dengan TB 165cm ke bawah kayak ane (sejenak hela napas) jelas kudu jinjit balet. Ditambah dengan bobotnya yang amit-amit (1,5 kuintal lebih men!!), butuh tenaga dan
effort yang lumayan buat geser-geser. Untuk
riding position motor ini sebenernya cukup nyaman, posisi tubuh tegak di
support fuel tank yang gak begitu tinggi dan jok yang empuk. Cuma sayang, setang model
clip on (walopun posisinya lumayan tinggi) radius putarnya ane rasa masih terlalu sempit, jadi bikin agak ribet waktu belok patah. Sedangkan untuk nyelip-nyelip di kemacetan, motor ini termasuk lincah buat ditekuk. Pas digeber stabil dan anteng pula, mungkin efek bobot dan kaki yang gambot kali ya.
|
dingklik mana dingklik |
|
coba diganti stang baplang, makin nyosss |
|
dingklik detected pt.2 |
|
|
|
Performa
Tancap kunci, starter, betot gas..suara mesin
zwing..zwing khas Bajaj sayup terdengar di sela suara knalpot
custom yang menggelegar. Tapi pas ane coba bejek kok tarikannya berasa biasa aja ya..nggak lemot tapi kurang ngejambak gitu buat ukuran motor SOHC
overstroke 220cc dengan klaim
power mencapai 21,04 PS @8500 RPM. Usut punya usut, ternyata selain efek masang
velg plus ban tapak lebar tanpa menyesuaikan ukuran gir belakang,
settingan karbu dan knalpot yang kurang pas juga disinyalir menghambat potensi tenaga badak sang serigala (errr, hewan macam apa ini..)
Ane juga belom berhasil dapet
topspeed dan nyampe
redline, maklum pas ngetes kemaren jalanan Bintaro lagi macet-macetnya jam pulang kerja gans. Ditambah komstir plus rem belakang yang kayaknya lagi
error dengan suksesnya bikin ane kagok. Jadi gagal dah mengeksploitasi performa si P220F, huvt.
|
nyoba geber di sekitar kontrakan, untung aja ga digebukin warga |
|
|
pelan dikit biar ketangkep kamera |
Kesimpulan
Dengan modal 8jt an (harga
second di Bintaro sekitarnya), P220F jelas menjadi alternatif menggoda buat kaum
Homosek Kampak Merah (
hobi motor seken kantong cepak demen yang murah) yang pengen nyobain motor "laki" dengan fitur dan performa yang lumayan oke. Urusan tampilan juga cukup dipoles dikit biar gahar, gak perlu banyak banyak dioprek kayak merk sebelah, hehe. Terakhir soal servis dan ketersediaan
sparepart, kayaknya agans ndak perlu terlalu khawatir karena bengkel spesialis dan forum Pulsarian cukup banyak, tinggal uletnya kita nyari info aja, hehe
|
blogger newbie nan kharismatik numpang nampang #halah |
Oke sekian
review dari ane,
see ya!!
Note for
+gede sindu :
ndes ki motormu tumpak'ane gak karuan je, mbok yo minimal diservis plus ganti oli ngunu, ojo muk asal iso nggo mboncengno dedek-dedek ae...#eh
0 komentar:
Posting Komentar