Jumpa lagi gans, ehm..sekian lama gak ngeblog ternyata bisa bikin pikiran buntu dan jari kaku buat nulis artikel baru, jadi di tulisan kali ini ane mau ngebahas yang ringan-ringan aja sekalian ngelanjutin catatan ane
disini, hehe. Biar ndak kelamaan monggo disimak gans..
Tampilan
Btw, si Saiber kesayangan hampir berusia setahun en selama ini dah ada beberapa modifikasi simpel dan asesoris yang nemplok di body bongsornya, jadinya kayak gini nih
|
sepertinya pose full paling ganteng ya gini |
|
spion lipet n sein tempel biar gampang masuk rumah |
|
handel rem-kopling plus handgrip biar makin enak dibetot dan dibejek |
|
frame slider, biar kalo roboh (amit-amit) body gan remek |
|
fuelpad en cutting sticker full body biar gak lecet sana-sini |
|
|
|
|
mesin full standard cuma ganti knalpot ninin 250 karbu, pasang hugger byson plus cat velg biar makin eye catching |
|
|
|
|
Gimana, tampilannya tambah keren ato malah norak gans? kalo diliat-liat ubahan yang ane lakuin sederhana banget ya, tapi menurut ane segini cukup sih. Jadi gak perlu ribet ngerombak en keluar banyak ongkos juga. Yang penting makin enak diliat en nyaman dikendarai to?(alesan, bilang aja pengen modif ekstrem tapi
budget kere) hahah.
Handling
Kelar urusan tampilan, sekarang ane mo nge
review soal
handling ni motor gans. Oya,
testernya ane sendiri dengan BB/TB 65Kg/163Cm (mau dibilang gempal monggo, awas ye kalo ngatain gembul, buncit, dll,
nantang gelut tenan lek iku, haha). Untuk
riding position kira-kira kayak gini
bisa diliat posisi duduk ane cukup tegak, tangan en kaki juga gak terlalu nekuk. Untuk soal kenyamanan emang motor ini lebih mantaff dibanding beberapa
sport fairing sekelas. Tapi dari sisi
sporty jadi kurang jozz gitu karena rider kurang ngerunduk en motor gak nungging. Solusinya sih gampang, turunin aja shock depannya dikit gans, tampilan dapet, trus tetap anti pegel-pegel dah.
|
turun 2cm cukup lah, oya pake clamppad biar kunci ga ngegores segitiga, hehe |
Soal fitur, mungkin banyak dari agans yang
underestimate kalo motor ini bakal inferior jika dihadapkan produk sebelah,
you know lah gans, yang pake rangka kotak dan swing arm banana itu tuh, haha. Tapi percaya sama ane, kombinasi
truss frame plus
swing arm konvensional dengan Prolink di CBR K45 ini bener-bener maknyoss dan menghasilkan fleksibilitas berkendara yang mumpuni (ceilah bahasamu gul).
|
truss frame alias rangka teralis yang sering disebut fansboy sebelah : "kandang ayam", pftt. pic : tmcblog.com |
|
karna prolink adalah koentji, pic : google |
Ane dah nyoba make di kondisi perkotaan yang macet sampe jalan pegunungan yang berkelok-kelok, hasilnya ni motor gampang banget buat buat ditekuk kiri-kanan, zig-zag sampe dipake
cornering, gak berasa sama sekali kalo bobotnya hampir 1,5 kuintal n bodynya lebar gitu. Mungkin ini juga dipengaruhi jarak kedua sumbu roda yang relatif pendek ya, trus suspensi Prolink nya juga sip banget, mungkin buat yang gak terbiasa berasa cukup
stiff terutama di jalanan yang gak rata, tapi buat manuver ato digeber di kecepatan tinggi, stabilitas dari Prolink bener-bener bisa diandalkan.
Performa
Salah satu "jualan" utama K45 ini tentu adalah
engine DOHC 6 Speed Liquid Cooled turunan CBR 150 generasi pertama (old) yang terkenal memiliki
power dan
top speed yang mumpuni. Ini juga yang menjadi kebanggaan fans klan CBR garis keras sekaligus bahan buat skak-mat produk sebelah yang masih berteknologi SOHC, ngoahaha.
|
stasioner di kitiran 2000RPM, siFU dulu sekitar 1000an |
|
tersangka utama, sang DOHC legendaris. pic : google |
Bicara soal performa, awalnya ane menyangka kalo karakter mesin ini bakalan mirip siFU yang pernah ane pake 3 taunan (agak lemot di putaran bawah dan beringas di 7000 RPM keatas), tapi entah kenapa menurut ane
engine CBR K45 ini distribusi powernya berasa
linear banget, jadi di putaran bawah gak loyo tap juga gak terlalu "wow" di atas, mungkin faktor injeksi, kombinasi
final gear plus bobot juga berpengaruh kali ya. Yang jelas kombinasi DOHC +
overbore bakalan memuaskan agans yang hobi maenin gas di RPM tinggi, sensasinya "ngok" nya itu lo...Pengalaman ane dalam kondisi mesin full standard speed 140 Km/jam cukup gampang diraih, itupun belom mentok gegara ketemu jalanan rame (jangan ditiru ya gans, hehe). Oya mungkin agans penasaran gimana efek knalpot ori ninin 250 karbu yang ane pasang di Saiber, kalo suara sih ga ada gahar-gaharnya sih, malah cenderung ngebass en kalem, tapi mendingan daripada suara knalpot standar kok. Tarikan juga lebih oke dan enak dipake buat
stop and go. Tapi entah kenapa pas ane geber buat ngejar
top speed berasa ada brebet sedikit, mungkin karna belum
setting CO kali ya.
|
nyoba geber santai di jalan pedesaan, ternyata dipake pelan enak juga |
Kesimpulan
Mungkin ungkapan
"dont judge a book by its cover" memang benar adanya. Di balik penampilannya yang kalem dan bahkan dibilang kurang
sporty, CBR K45 ternyata memiliki potensi yang besar dari sisi handling dan performa mesin yang mumpuni. Ini pula yang menjadi pertimbangan dalam memilih bagi mereka yang menginginkan motor sport yang nyaman dikendarai dan gak malu-maluin buat digeber sehingga tidak mengejutkan angka penjualannya bisa melampaui sang kompetitor. Harapan ane semoga beberapa gimmick seperti knalpot
midship, velg
Y spoke, spion
stylish dan lampu LED bisa segera direalisasikan buat edisi
facelift berikutnya (trus bisa
plug n play di edisi lama #ngarep) biar CBR lokal ini makin moncerrrr, hahaha
Oke, ane rasa cukup sekian impresi gado-gado dari ane tentang All New CBR 150 (K45) edisi 2014, semoga bisa menjadi masukan dan bahan pertimbangan buat agans yang mungkin lagi galau milih-milih motor
sport full fairing budget di kelas 150cc, monggo disimak foto-foto geje waktu
test ride kemaren,
see you next time!!!
|
tampilan ganteng motor (dan modelnya) dari depan |
|
tetep jinjit sih, tapi gak balet banget kok |
|
kalo diliat-liat kombinasi warnanya mirip Ride Macher (monggo googling) ya.. |
7 komentar:
yaampun gantengeeeeee motore \(^^)/
motor e ganteng mergo melu2 sik ndue chu..#uhuk
ganti handgrip gmna caranya ?
Dulu beli di bengkel asesoris skalian masang bro, hehe
Dulu beli di bengkel asesoris skalian masang bro, hehe
Sering bgt liat motornya di parkiran kampus hehe
iya bro, FH U*N*S kan?sehari-hari emang dipake adik ane buat kuliah, hehe
Posting Komentar