Rabu, 21 Januari 2015

catatan#7 : first (too d*mn late) impression : 2014 All New Honda CBR 150 R (K45)

Ehemm, akhirnya nambah juga postingan di blog kacangan nan usang ini setelah beberapa minggu terlena padatnya rutinitas dan rasa malas khas anak kuliah proletar macam ane, hehe. Oke timbang akhirnya makin geje ngalor-ngidul kayak artikel ane yang dulu-dulu, dah langsung aja kali ini ane mau ngebahas impresi pertama ane pada sang pengganti siFU yang pernah ane ceritain disini. Biar agans gak penasaran, monggo dilirik dulu ini teaser nye..

pada bisa nebak ini motor apaan?





dah cukup jelas?
kalo gini pasti tau kan ya?
Yup, All New Honda CBR 150 R keluaran akhir 2014 yang sering dijuluki orang si K45 ato CBR Lokal. Sebenenernya udah cukup lama sih ni Saiber (panggilan geje dari ane) menghuni garasi rumah , tepatnya sejak 24 Oktober 2014, tapi karena ada kuliah plus ujian, ane baru bisa mudik en nyobain akhir Desember sampe awal tahun 2015 kemaren. Oya, proses pembeliannya sendiri gak begitu ribet, dulu cuma nyerahin potokopi KTP, bayar tanda jadi alias DP (sayangnya telat periode inden yang dapet jaket keren itu..hiks) sejuta, trus nunggu sebulan (katanya yang warna gini agak susyeh kudu nunggu stok), baru dah motor dianter dealer en langsung dilunasin (ini bagian yang paling beratnya..*lambaikan tangan pada saldo tabungan).

Back to topic, well..kesan ane waktu pertama kali liat motor ini adalah "Yakin kemaren orang dealer gak salah nganter yang 250 cc?" Dengan bodi nan bongsor, tangki menjulang, en kaki-kaki lumayan lebar, orang awam yang sekilas ngeliat ga bakal nyangka kalo ini motor pekjigo alias 150 cc aja. Kalo kata ibu ane waktu telpon dulu "Gagah banget pokok e lit, koyo motor jipi kae lo", hehe.

backgroundnya agak gimana gitu ya..susah mau dimasukin rumah kudu geser-geser dulu, hehe
Bicara soal tampilan luar secara keseluruhan, menurut ane ini motor khas Honda banget alias elegan cenderung kalem gimana gitu. Garis desainnya nampak harmonis dari depan sampai belakang en hampir gak ada guratan plus lekukan frontal sama sekali. Ciri khas "nungging" ala motor sport kekinian, walaupun ada, serasa direduksi  dengan desain split seat, behel dan spakbor belakang yang nampak lebih mengutamakan kenyamanan penunggangnya. Sampai urusan model knalpot dan velg yang keliatan terlalu simpel dan sedikit kurang matching dengan body yang sebenarnya udah aduhai bohai (dikira penyanyi dangdut pantura, kali..) padahal kalo pake midship muffler en velg model Y bakal kece total kemana-mana lo (agak lebay yo..).

akhirnya double headlamp, gak bakal dikatain s*mpak operpret lagi!!
So, walopun (katanya) terinspirasi dari sang kakak, supersport CBR 1000RR Fireblade (emang sekilas mirip sih dari lampu depan, body depan plus tangki) menurut ane kesan motor sport touring ala VFR 1200 yang desainnya pernah diadopsi di edisi terdahulu nampaknya masih susah lepas dari si bungsu klan CBR ini.

Soal oke ato tidaknya desain ini mungkin relatif ya buat tiap orang, kalo menurut ane sih ni motor dah cakep bin keren kok, kesan elegan, kompak dan bongsor ala baby moge nya dapet banget pokok e (ini juga salah satu faktor yang bikin ane kepincut dan akhirnya berpaling dari pabrikan sebelah, haha).

dijejerin ma ninin 250, dimensinya mirip kan?
Cuma kalo ane boleh kasih saran, masih ada beberapa hal yang perlu mendapat perhatian lebih dari pabrikan, salah satunya soal detailing. Jangan salah, printilan dan part-part kecil kadang bisa jadi senjata ampun buat mendongkrak tampilan lo. Misalnya bentuk spion atau lampu sein, dan lampu belakang mungkin bisa dibikin lebih "wah" tanpa mengabaikan fungsi. Spidometer yang indikatornya dah lumayan lengkap bisa didesain lebih gahar biar aura macho lebih terasa di kokpit, trus celah diantara mesin dan body itu bisa lah ditutup biar kesan

Selanjutnya perkara finishing, entah kenapa ane merasa ada beberapa bagian di motor ini yang (kalo gak bisa dibilang cheapy) terkesan seadanya. Seperti bagian sekitar spidometer yang kualitas plastiknya agak gimana gitu, beberapa part body yang ane rasa agak tipis serta cat yang kayaknya gampang banget kena baret halus (mungkin yang ini subjektif karena motor ane dominan warna putih ya?) overall, build quality motor ini dah bagus kok untuk motor sport fairing racikan lokal, semoga kualitasnya bisa lebih ditingkatkan di facelift selanjutnya, hehe

Jadi kesimpulannya jika ditanya dengan harga segitu (dulu ane beli OTR Solo sekitar 29,5jt) ini motor worthed gak? i surely say "YES", big big YES. Dilihat dari segi tampilan, dengan desain turunan Fireblade yang kalem namun tetap menawan, dan kesan gambot (hampir) mirip motor 250cc an, yakin dah ini motor bakal ngedongkrak kepercayaan diri agans di jalan. Trus build quality dan layanan 3S mumpuni ala Honda yang bisa bikin agans yakin ini motor bakal baik-baik aja dipake wara-wiri beberapa tahun ke depan. Sumfeh ini bukan promosi, cuma testimoni ane sebagai pengguna awam, la wong ane gak diendorse sama Honda juga (padahal aslinya ngarep), haha


penampakan terakhir Saiber setelah dioprek minimalis

Oke, segini dulu (bilangnya "segini" kok panjang bener..) postingan (ato lebih tepatnya curhatan) first impression ane tentang All New Honda CBR 150 R (K45) dari ane, tunggu impresi tentang riding and performance di artikel selanjutnya yak, see you soon!!

numpang narsis dolo gans, haha









4 komentar:

deadyrizky mengatakan...

30 juta cash?
dhuwitmu akeh men littt

Unknown mengatakan...

diirit-irit pas jaman ndek Bima mbiyen Dead, mumpung isih single,hehe

Unknown mengatakan...

joss motormu saiki lit,kapan2 pinjem yo.

Unknown mengatakan...

monggo suk lek balik solo mas Bas, hehe

Posting Komentar

 
Free Flash TemplatesRiad In FezFree joomla templatesAgence Web MarocMusic Videos OnlineFree Website templateswww.seodesign.usFree Wordpress Themeswww.freethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree CSS Templates Dreamweaver