Rabu, 17 Desember 2014

catatan#5 : (tips) cara mudah dan murah merawat motor (ala mahasiswa proletar kayak ane)

Akhirnya ngumpul juga niat buat ngisi blog ecek-ecek ini lagi setelah sekian lama, di tengah rutinitas kupu-kupu alias kuliah-pusing-kuliah-pulang yang kembali mengisi hari-hari, dan hati yang meronta-merindu tempat seharusnya ia kembali (sok puitis padahal cuma gak sabar nunggu minggu depan mau mudik, hahaw). Eniwei, di tulisan kali ini (setelah beberapa catatan sebelumya isinya cuma haha-hihi en ngalor-ngidul doang) ane mo ngebahas sesuatu yang kiranya dapat bermanfaat buat agans sekalian, terutama yang make motor buat sarana transportasi sehari-hari yaitu "gimana sih cara yang gak ribet plus gak bikin jebol kantong buat ngerawat motor biar tetep laik jalan dan nyaman dikendarai?" oke gak pake basa-basi lagi, langsung aja cekidotttt

ROUTINE CHECKING IS THE SIMPLEST WAY TO PREVENT BIGGER COST IN THE FUTURE
(Gile panjang en belibet bener judule, englishnya ngaco lagi, oke my bad) Ehemm, orang bijak pernah berkata, lebih baik mencegah daripada mengobati, lebih baik merelakan daripada terluka di kemudian hari (errrr, ujungnya malah curcol juga ini) hal ini juga berlaku dalam merawat motor gans. Servis teratur di bengkel resmi memang dianjurkan dan perlu, tetapi gak semua dari kita selalu punya waktu dan ongkos buat kesana kan? so dengan beberapa pengecekan sederhana yang bisa agans lakuin sendiri, dapat menjadi bahan diagnosis awal bahkan mencegah secara dini adanya kerusakan pada motor agans sekalian yang ujung-ujungnya bisa keluar ongkos banyak kalo udah parah. Untuk pemisalan ane pake contoh motor bebek 4 tak ya gans, secara model ini yang paling jamak ditemui di jalanan.

1. Cek Oli dan Filter Oli
Kata mas-mas mekanik sebelah rumah dulu (kalo gak salah inget), oli adalah faktor utama penentu sehat-tidaknya motor-motor masa kini. Cara ngecek kondisi oli mesin lumayan gampang kok, agans cukup buka tutup oli di bak mesin, trus liat deh warnanya, kalo volume nya normal (ada batasnya keliatan kok) item kentel brati masih bagus, tapi kalo udah mo abis trus warnanya coklat kayak karatan nan encer gitu berarti agan yang super males en sadis, dah waktunya ganti dari dulu-dulu itu gans, haha

abis dicek jangan lupa ditutup ya, trus jangan pula disedot, ini bukan kupi.. pic : google
Ato kalo gak mau ribet, tentuin aja jadwal penggantian oli sesuai buku petunjuk penggunaan kendaraan yang agans dapet pas beli motor dulu. Idealnya sih ganti oli dilakukan setiap 3000-4000km disesuaikan intensitas penggunaan motor. Jenis en merk bisa pake oli standar pabrikan (Yamal*be or A*M Oil sekitar 35rb an) ato oli semi sintetis dengan merk cukup terkenal seperti Endur* ato S*ell dengan rentang harga 50-60rb an. Jangan lupa liat spesifikasi di kemasan e ya gans. Trus buat filter oli, parts ini kadang diabaikan walaupun fungsinya cukup vital yaitu menyaring kotoran yang mungkin terbawa dalam sirkulasi oli. Harganya murah kok ga nyampe 15rb an. Wajarnya sih penggantian filter dilakukan setiap 3x ganti oli. Oya, untuk penggantian oli filter bisa agans lakuin di bengkel pinggir jalan ato bengkel resmi.

fungsinya mirip ginjal di tubuh manusia, pic : google
2. Cek Rantai
Coba bayangin kalo motor agans gak ada rantai ato rantainya putus? layaknya hubungan tanpa status, yang sepertinya berjalan tapi sebenarnya tak kemana-mana (perumpamaan opo maneh kiye...). Intinya, rantai adalah piranti vital yang terus bekerja menyalurkan tenaga dari mesin untuk menggerakkan roda kendaraan kita, sehingga sering bergesekan dan rentan aus. Untuk itu, kita kudu rutin ngecek kekendoran rantai gans. Normal nya jarak main bebas rantai (posisi paling jauh en deket dari swing arm) adalah 1,5-2,5cm, so jika lebih dari itu rantai hampir dipastikan udah kendor. Buat ngencengin agak ribet sih, mending ke bengkel aja gans, sementara untuk pelumasan, pake aja chain lube semprot yang banyak dijual, paling 15-25rb an.
 
bukan promosi lho ya, pic : google
3. Cek Ban dan Tekanan Angin
Ban adalah bagian kendaraan yang bersinggungan langsung dengan jalan, sehingga handling motor sangat dipengaruhi part ini. Pengecekan kondisi ban luar lumayan gampang kok gans, tinggal liat aja alur ban, kalo sudah hampir gundul alias sejajar batas dasar ban, ato kalo alur tidak merata bahkan karet ban sampai retak-retak, berarti ban wajib ganti (ban luar bebek standar pabrikan sekitar 130-150 rb an). Untuk ban dalam patokan gampangnya kalo udah pernah bocor dan ditambal 3x ato pentilnya rusak berarti kudu ganti (sekitar 20rb an). Trus yang gak kalah penting adalah tekanan angin ban. Tekanan ban normal untuk layak berkendara harian adalah sekitar 28-30psi, ato cara gampangnya teken-teken aja bannya gans, kalo berasa kempes tinggal bawa 2000 perak ke tukang tambal minta tambah angin, beres.

cukup bulu ketek adek aja yang gundul, ban motor abang jangan..., pic : google

4. Cek Busi dan Aki
Jika mesin bisa diibaratkan suatu hubungan, api dari busi adalah pemicu gairah yang menjaga cinta tetap menyala (halah). Kebanyakan dari kita cenderung mengabaikan fungsi busi nan penting ini dan malas mengecek kondisinya, mungkin karena letaknya yang emang agak kurang strategis ya di ujung blok mesin gitu. Untuk ngecek kondisi busi sebenarnya gampang banget kok, agans tinggal buka cop alias tutup busi trus keluarin busi pake kunci yang disediain pabrikan.

gak usah terlalu napsu muternya gans, tar patah malah berabe, pic : google
Busi yang kondisinya baik dicirikan dengan katoda (ujung) busi yang berwarna coklat bata yang menandakan pembakaran sempurna. Jika warnanya hitam, berarti ada yang salah dengan suplai bensin en agans kudu setting ulang karburator, gimana caranya?gampang, tinggal bawa aja ke bengkel terdekat, hehe. Umur normal busi adalah sekitar 4000km an. Trus tanda-tanda busi yang udah mati tu gampang diketahui kok, cukup buka cop dan starter dah motor agans, kalo ndak ada percikan listrik berarti busi dah koit, tinggal ganti aja yang baru, harga standarnya sekitar 15rb an.

Next, pengecekan kondisi aki. Kalau motor agans tiba-tiba klaksonnya melempem atau lampu sein e kedut-kedut, itu bukan karna dia lagi galau ye gans, itu tandanya ada yang salah di kelistrikan, en biasane bersumber dari aki yang bermasalah. Aki sendiri ada 2 macam yaitu aki basah dan aki kering, untuk perawatan aki basah kita harus memastikan volume air aki masih berada di atas batas minimum yang tertera, kalau kurang tinggal beli air aki botolan seharga 3-5rb, sedangkan untuk aki kering lebih enak lagi karna bebas perawatan walaupun harganya lebih mahal. Umur normal aki adalah sekitar 2-3 tahun dengan harga normal sekitar 100rb an (basah) dan 250rb an (kering).

dilepas dulu akinya baru diisi airnya sesuai batas wajar, it's easy right? pic : google
DOES YOUR BIKE HAVE TO LOOK GOOD AS YOU? YES IT DOES
Udah dandan cakep, necis, wangi eh motornya bulukan hampir setahun gak dicuci. Gimana mau nawarin ngebonceng dedek-dedek unyu yang kosannya jauh cobak?(oke ini salah fokus dikit). Tampilan motor itu sedikit banyak mencerminkan yang punya lo gans, di samping itu, kebersihan parts terutama di sekitaran kaki-kaki dan body ternyata juga berpengaruh terhadap fungsi dan keawetan motor secara keseluruhan. Misalnya, knalpot dan shockbreaker bekas kena lumpur trus dibiatin gak dicuci berbulan-bulan bisa menyebabkan korosi dan karat lo..Bikin motor bersih en kinclong tu sama sekali gak susah kok gans, tinggal bawa aja ke tempat cuci motor bayar 10rb an beres dah, tapi kalo musim hujan gini kadang cucian motor gak bisa diandelin, udah antriannya kayak semut baris ngerubungin permen, eh hasilnya juga asal-asalan masih ada kotoran di sana-sani. Untuk solusi murah meriahnya, agan bisa nyuci motor sendiri. Nah, duitnya bisa tu buat beli capcin bareng si dedek unyu (lah). Oke, berikut tips nyuci motor yang (anggap aja agak) baik dan benar dari ane.

1. Pastikan Seluruh Kotoran di Bodi dan Kaki-Kaki Sudah Rontok
Ngelap motor dengan lumpur, debu dan semacamnya yang masih menempel ibaratnya ngamplas pake kotoran dan dipastikan bakal bikin lecet disana-sini. So, langkah pertama dalam nyuci motor, pastikan bodi dan kaki-kaki dah disemprot air pake selang atau diguyur pake ember ya gans.

mz, semprot aq mz, semprot aq!! (loh) pic : google 



2. Bersihin Kaki-Kaki dan Bodi
Langkah selanjutnya adalah bersihin kaki-kaki en bodi. Yang agans butuhin buat bersihin kaki-kaki cukup detergen ato sabun colek seribuan (masih ada gak yang harga segitu) yang diencerin di ember sama sikat dan kain rombeng buat lap. Tinggal celup, sikat-sikat gosok-gosok sana-sini trus bilas, beres dah. Buat bodi, bisa pake kain lap khusus (biasanya disebut kanebo, 15rb an) sama shampo/cairan pembersih buat motor ya gan (merk K*T 2rb an kalo ngirit bisa dipake nyuci 2x). Kalo nyuci bodi, jok dan konsol motor diusahain pake perasaan dikit ya gans, diusap lembut-lembut gimana gitu (dikata mandiin bayi) trus langsung dibilas biar gak nyisain noda bercak.

abis bersihin motor gantian ane yang dimandiin ya mba'?#eh
pic : google




3. Kering, Lap, Poles
Setelah selesai nyuci, diemin bentar dan angin-anginin dulu motor sampe gak ada tetesan airnya ya gans, kemudian baru dilap buat mastiin seluruh bagian motor benar-benar kering. Bodi dan kaki-kaki yang dah kering menandakan motor siap dipoles biar kinclong. Sebaiknya agan pake lap yang bahannya bener-bener alus ya, trus ngelapnya searah biar kinclongnya rata. Buat moles, agans bisa pake cairan pengkilap botolan/semprot (orang awam nyebutnya silikon) seharga 25rb an yang bisa dipake berkali-kali, trus kalo mau bikin ban motor juga mengkilap, agans bisa pake semir ban yang dijual dengan harga yang mirip-mirip.

Oke, kayaknya cukup segini tips sederhana dari ane. Pesan ane, jangan cepet panik kalo ngerasa ada yang gak beres ma motor agans skalian. Servis berkala di bengkel resmi emang perlu, tapi pengecekan rutin dan perawatan sendiri dari agans sebagai sang pemilik akan sangat berarti. Biasain nyoba-nyoba ngulik, googling ato nanya ke orang yang lebih tau soal cara ngerawat motor. Kalo udah mentok bin desperate baru dah serahin ke bengkel terdekat, hehehe. See you soon in the next article, feel free to comment gans!!



2 komentar:

deadyrizky mengatakan...

panjang bener postingane litt
kayak jarak bima jakarta ae
tapi berguna lit

engko takcoba sing ngecek oli

Unknown mengatakan...

Iyo dead, judulnya mudah tapi nulisnya ternyata tak sesederhana itu, hahah

Posting Komentar

 
Free Flash TemplatesRiad In FezFree joomla templatesAgence Web MarocMusic Videos OnlineFree Website templateswww.seodesign.usFree Wordpress Themeswww.freethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree CSS Templates Dreamweaver