Kamis, 03 September 2015

catatan #12 : nama : Gulit, hobi : test ride (part I)



Jika ada banyak dede’ gemesh ato mba’ syahdu yang demen window shopping di mal-mal alias liat : iya- nyoba : kadang – beli : nggak, maka ane juga punya hobi serupa di ranah otomotif yaitu test ride alias nyobain motor gratisan. Hobi ini bermula waktu jaman sekolah dulu ane seneng minjem motor temen yang keren ato unik kayak Tiger 2000, CBR old, sampe TS 125 nan legendaris. Setelah sempet kerja dan kuliah di sekitar ibukota, kegemaran ane test ride makin didukung dengan banyaknya event otomotif seperti pameran atau launching motor baru. Pokoknya dimana aja asal masih bisa dijangkau naek motor ato baswei, hampir pasti ane samperin. Tinggal datang ke booth, pasang tampang pede, dan bilang ke panitia “mas, boleh saya nyobain motornya?”

Untungnya ane bukan jenis orang yang fanatik pada tipe motor tertentu, jadi apapun genrenya asal sreg ya gas mawon. Kayak pas di pameran otomotif (yang katanya) terbesar di Asean di bilangan Kemayoran kemaren, ane nyobain sebagian besar unit yang disediakan, sampe-sampe mas yang jaga sempet ngajak foto bareng, hahaha

Dari beberapa event yang ane datengin kemaren, ada beberapa motor yang pengen ane review dikit mumpung ada foto-fotonya gans. Oya, review berikut ane fokuskan pada handling dan performa masing-masing motor aja karena soal tampilan, fitur, desain dsb kayaknya sangat bergantung selara setiap orang. Trus karena tulisan geje ane ini bakalan lumayan panjang, artikel ini ane split jadi 3 bagian ye gans, part I isinya ulasan tentang dua motor import yang cukup ngehits belakangan ini, monggo disimak..

VESPA GTS SUPER 150
Sebenernya nyobain skutik Italy (tapi now made in Vietnam ini) udah agak lama, tapi ane masih inget dikit-dikit lah impresinya :

Handling : bentuknya emang kiyut bongsor gimana gitu, tapi jangan salah, ground clereancenya agak kurang bersahabat buat agans yang tingginya kurang dari 160cm alias lumayan tinggi dibanding skutik-skutik mainstream saat ini. Soal handling ini motor emang manteb, kesan kokohnya dapet banget, cuma buat belok agak bikin kagok gimana gitu, mungkin efek dari sasis monokok dan velk ukuran 13inchnya. Jok juga agak keras dan suspensinya gak seempuk metik jepun, mungkin emang sengaja didesain biar sportinya dapet ya. 
gegara upload foto ini sempet dikira kang ojek, pfttt
Performa : tarikannya mayan jos dibanding skutik 125cc an yang banyak beredar, tapi entah kenapa ane ngerasa masih kurang nampol  kalo dibandingin sama saingan sesama cc : Vario 150, mungkin karena efek bodi yang berat plus ban yang lumayan gambot. Performa pengereman menurut ane juga kurang ciet, efek motor baru kampasnya belom menggigit ato emang dari sononya, entahlah.

KTM RC 200 dan RC 390
Kesan pertama ane waktu ngeliat motor ini : W.O.W. Desain fairing antimainstream (walopun bukan selera semua orang), shockbreaker depan model upside down plus rangka en swingarm yang nyentrik nan kekar dijamin bakal menarik perhatian para penggemar motor sport fairing. Walopun (katanya) made in Indihe, build quality motor ini layak diacungi jempol khas motor eropah sana secara KTM dikenal sebagai produsen spesialis motor offroad handal. Trus gimana impresinya?

Handling : posisi duduk di motor ini bener-bener racy abis sesuai tagline yang muncul di layar speedometer saat kontak diputar di posisi on : “ready to race”. Dengan setang underyoke plus buritan yang nungging abis, badan kita bakal dipaksa merunduk. Gak kebayang capeknya kalo dipake buat harian, tapi motor ini kayaknya emang track oriented alias nyaman dipake di sirkuit. Didukung suspensi yang stiff bikin gampang bermanuver, bikin ane nagih muter-muter di trek test ride kemaren. Sampe-sampe dikipasin bendera sama masnya kode disuruh brenti gantian sama peserta lain :maluah
motornya emang racy, yang nunggang rentan boyoken
 Performa : dengan konstruksi mesin yang (sekilas) mirip sodara juauhhhnya Pulsar 200NS (tapi yang ini versi DOHC en cuma pake 1 busi), ane langsung mikir ini motor pasti powernya bengis dan torsinya melimpah ruah. Bener aja,sekali bejek, langsung terasa jambakannya. Radial caliper plus ABSnya juga super duper pakem buat nyetop laju ini motor. Sayangnya trek yang pendek bikin ane gak bisa ngerasain akselerasi en top speed maksimalnya. Tapi ane yakin, motor ini gak cuma “ready”, tapi juga “fun” to race. Satu-satunya kekurangan yang ane rasain adalah getaran yang lumayan terasa di bagian depan yang merembet sampe ke tangan, sepertinya sih karena pengaruh settingan USD yang stiff itu. 
pose default setelah test ride, asik-asik joss

sayang yang 250cc gak digelar buat test ride

0 komentar:

Posting Komentar

 
Free Flash TemplatesRiad In FezFree joomla templatesAgence Web MarocMusic Videos OnlineFree Website templateswww.seodesign.usFree Wordpress Themeswww.freethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree CSS Templates Dreamweaver