Jika ada banyak dede’ gemesh ato
mba’ syahdu yang demen window shopping
di mal-mal alias liat : iya- nyoba :
kadang – beli : nggak, maka ane juga punya hobi serupa di ranah otomotif
yaitu test ride alias nyobain motor
gratisan. Hobi ini bermula waktu jaman sekolah dulu ane seneng minjem motor
temen yang keren ato unik kayak Tiger 2000, CBR old, sampe TS 125 nan
legendaris. Setelah sempet kerja dan kuliah di sekitar ibukota, kegemaran ane test ride makin didukung dengan
banyaknya event otomotif seperti
pameran atau launching motor baru.
Pokoknya dimana aja asal masih bisa dijangkau naek motor ato baswei, hampir
pasti ane samperin. Tinggal datang ke booth,
pasang tampang pede, dan bilang ke panitia “mas,
boleh saya nyobain motornya?”
Untungnya ane bukan jenis orang
yang fanatik pada tipe motor tertentu, jadi apapun genrenya asal sreg ya gas mawon. Kayak pas di pameran otomotif
(yang katanya) terbesar di Asean di bilangan Kemayoran kemaren, ane nyobain
sebagian besar unit yang disediakan, sampe-sampe mas yang jaga sempet ngajak
foto bareng, hahaha
Dari beberapa event yang ane datengin kemaren, ada
beberapa motor yang pengen ane review
dikit mumpung ada foto-fotonya gans. Oya, review berikut ane fokuskan pada
handling dan performa masing-masing motor aja karena soal tampilan, fitur,
desain dsb kayaknya sangat bergantung selara setiap orang. Trus karena tulisan
geje ane ini bakalan lumayan panjang, artikel ini ane split jadi 3 bagian ye
gans, part I isinya ulasan tentang dua motor import yang cukup ngehits belakangan
ini, monggo disimak..
VESPA GTS SUPER 150
Sebenernya nyobain skutik Italy
(tapi now made in Vietnam ini) udah
agak lama, tapi ane masih inget dikit-dikit lah impresinya :
Handling :
bentuknya emang kiyut bongsor gimana gitu, tapi jangan salah, ground clereancenya
agak kurang bersahabat buat agans yang tingginya kurang dari 160cm alias
lumayan tinggi dibanding skutik-skutik mainstream
saat ini. Soal handling ini motor emang manteb, kesan kokohnya dapet banget, cuma
buat belok agak bikin kagok gimana gitu, mungkin efek dari sasis monokok dan
velk ukuran 13inchnya. Jok juga agak keras dan suspensinya gak seempuk metik
jepun, mungkin emang sengaja didesain biar sportinya dapet ya.
gegara upload foto ini sempet dikira kang ojek, pfttt |
Performa : tarikannya
mayan jos dibanding skutik 125cc an yang banyak beredar, tapi entah kenapa ane
ngerasa masih kurang nampol kalo
dibandingin sama saingan sesama cc : Vario 150, mungkin karena efek bodi yang berat plus ban yang lumayan gambot. Performa pengereman menurut ane juga
kurang ciet, efek motor baru kampasnya belom menggigit ato emang dari sononya, entahlah.
KTM RC 200 dan RC 390
Kesan pertama ane waktu ngeliat
motor ini : W.O.W. Desain fairing
antimainstream (walopun bukan selera semua orang), shockbreaker depan model upside
down plus rangka en swingarm yang
nyentrik nan kekar dijamin bakal menarik perhatian para penggemar motor sport fairing. Walopun (katanya) made in
Indihe, build quality motor ini layak
diacungi jempol khas motor eropah sana secara KTM dikenal sebagai produsen
spesialis motor offroad handal. Trus
gimana impresinya?
Handling : posisi duduk di motor ini bener-bener racy
abis sesuai tagline yang muncul di
layar speedometer saat kontak diputar
di posisi on : “ready to race”.
Dengan setang underyoke plus buritan
yang nungging abis, badan kita bakal dipaksa merunduk. Gak kebayang capeknya
kalo dipake buat harian, tapi motor ini kayaknya emang track oriented alias nyaman dipake di sirkuit. Didukung suspensi
yang stiff bikin gampang bermanuver,
bikin ane nagih muter-muter di trek test
ride kemaren. Sampe-sampe dikipasin bendera sama masnya kode disuruh brenti
gantian sama peserta lain :maluah
motornya emang racy, yang nunggang rentan boyoken |
Performa : dengan konstruksi mesin yang (sekilas) mirip sodara juauhhhnya Pulsar 200NS
(tapi yang ini versi DOHC en cuma pake 1 busi), ane langsung mikir ini motor
pasti powernya bengis dan torsinya melimpah ruah. Bener aja,sekali bejek,
langsung terasa jambakannya. Radial caliper
plus ABSnya juga super duper pakem buat nyetop laju ini motor. Sayangnya trek
yang pendek bikin ane gak bisa ngerasain akselerasi en top speed maksimalnya. Tapi ane yakin, motor ini gak cuma “ready”, tapi juga “fun” to race. Satu-satunya kekurangan yang ane rasain adalah
getaran yang lumayan terasa di bagian depan yang merembet sampe ke tangan,
sepertinya sih karena pengaruh settingan USD yang stiff itu.
pose default setelah test ride, asik-asik joss |
sayang yang 250cc gak digelar buat test ride |
0 komentar:
Posting Komentar