Oke setelah sebelumnya ane
ngebahas dua motor dengan desain yang lumayan antimainstream, kali ini ane pengen mengulas dua motor bergenre
sport touring yang identic dengan torsi, monggo silahkeun..
YAMAHA MT-25
Menyandang nama besar klan MT (Master of Torque), harusnya si bungsu
ini memiliki tampilan agresif dan full torsi seperti saudara-saudaranya, tapi
bagaimana kenyataannya?
Handling : terlepas dari desain yang menurut ane agak nanggung (gak
tajam banget kayak MT series tapi
juga gak kalem-kalem amat khas keluarga FZ) dan headlamp yang agak gimana gitu
buat sebagian orang, MT-25 punya kelebihan di sisi handling yang reliable alias oke punya. Motor ini
gampang banget ditekuk-tekuk, bahkan saat belok patah sekalipun. Maneuver berasa ringan banget, ane
sempet gak nyadar kalo ini motor 2 silinder yang bobotnya lumayan. Getaran ke
tangan juga minim, thanks to that trellis
frame and some rubber on raiser. Overall,
soal handling joss pokoke, cuma yang bikin ane sedikit kepikiran ya shockbreaker belakang tanpa link yang
super lembut itu. Buat model naked bike yang nyaman-oriented sih oke mawon, tapi di R25 yang lebih sering dipake
ngegas gimana ya?
belum testride udah poto-poto aja, kelakuan... |
Performa : Master of Torque
yang “santun”, begitulah kesan ane setelah mencoba motor ini. Tarikannya cukup
kalem di kitiran mesin rendah, bahkan terasa kurang greng dibanding KTM RC 200
yang ane tes sebelumnya. Tapi kesan itu berubah ketika kami saling mengenal
lebih dalam (halah), maksudnya ketika masuk area “sakral” DOHC di 6000 RPM keatas.
Power delivery agak smooth, tapi torsi 2 silinder emang ga
bisa bohong. Tinggal betot gas agak dalam, enteng lah kalo mau ngasepin motor
150cc an yang suka geber-geber alay di jalan. Kombinasi ciamik dari handling
nyaman dan performa yang gak malu-maluin.
Must admire that this is one the
best bike I’ve ever tested so far..
tampang puas setelah test ride,comfortgasm.. |
SOIB RACER 400
Namanya mungkin kurang familiar
buat sebagian orang, maklum brand asli dalam negeri ini memang baru belakangan
gencar mempromosikan beberapa tipe motor yang merupakan rebranding dari produk asal Tiongkok (CMIIW) yang telah dipasarkan
secara global, Mash Motorcycle, salah satunya yang ane test kemaren, Soib Racer
400. Motor ini mempunyai desain menarik dengan nuansa retro yang kental, trus
gimana handling dan performanya?
Handling : motor retro identic dengan santai, dan hal itu jelas
terasa saat kita naik motor ini. ground
clereance yang rendah, setang yang tinggi dan jok nan empuk bikin kita
langsung menerawang sore-sore keliling komplek naik ini motor sama anak bini (oke
sepertinya imajinasi ane terlalu jauh, my
bad). Shockbreaker depan teleskopik
dan belakangnya yang stereo juga
empuk, enak banget buat dibawa jalan selow. Untuk ukuran motor 400cc ane rasa
bobotnya juga gak terlalu berat, cocoklah mau dibawa harian atau sebagai motor
hobi yang cuma keluar pas weekend. Oya,
soal build quality motor ini lumayan
rapi lo, pokoknya diatas produk-produk tiongkok yang beberapa tahun lalu marak
beredar.
Performa : ngeliat dua silencer
yang menyembul di samping swing arm,
awalnya ane menyangka ini motor dua silinder. Tapi ternyata dugaan ane salah,
ternyata mesinnya berkonfigurasi big
single alias silinder tunggal, 400cc SOHC, air cooled, plus karburator. Dah kebayang torsinya bakal
nyembur-nyembur, dan benar saja, begitu throttle
ane betot agak dalam, ada sensasi ngangkat-ngangkatnya gans, buat ane yang biasa pake bebek jadul 135cc, jelas
menimbulkan sensasi tersendiri sekaligus was-was kalo salah betot gas trus
kebalik, hahaha. Tapi ada dua kekurangan yang ane rasain waktu test ride singkat kemaren, yaitu
kombinasi rem depan cakram dan tromol belakang sama jenis bannya bikin gak pede
buat nikung (bukan nikung pacar temen lo) alias mereng-mereng, getaran di
setang dan telapak kaki juga lumayan terasa, gak tau itu cuma perasaan ane
karena kebawa kagok ato emang ada yang kurang pas di mounting or engine balancernya, hehe.
tinggal outfit menyesuaikan, motor n tampang udah retro abis, pftt |
0 komentar:
Posting Komentar