Sabtu, 05 September 2015

catatan#13 : nama : Gulit, hobi : test ride (part II)

Oke setelah sebelumnya ane ngebahas dua motor dengan desain yang lumayan antimainstream, kali ini ane pengen mengulas dua motor bergenre sport touring yang identic dengan torsi, monggo silahkeun..

YAMAHA MT-25
Menyandang nama besar klan MT (Master of Torque), harusnya si bungsu ini memiliki tampilan agresif dan full torsi seperti saudara-saudaranya, tapi bagaimana kenyataannya?

Handling : terlepas dari desain yang menurut ane agak nanggung (gak tajam banget kayak MT series tapi juga gak kalem-kalem amat khas keluarga FZ) dan headlamp yang agak gimana gitu buat sebagian orang, MT-25 punya kelebihan di sisi handling yang reliable alias oke punya. Motor ini gampang banget ditekuk-tekuk, bahkan saat belok patah sekalipun. Maneuver berasa ringan banget, ane sempet gak nyadar kalo ini motor 2 silinder yang bobotnya lumayan. Getaran ke tangan juga minim, thanks to that trellis frame and some rubber on raiser. Overall, soal handling joss pokoke, cuma yang bikin ane sedikit kepikiran ya shockbreaker belakang tanpa link yang super lembut itu. Buat model naked bike yang nyaman-oriented sih oke mawon, tapi di R25 yang lebih sering dipake ngegas gimana ya?
belum testride udah poto-poto aja, kelakuan...
Performa : Master of Torque yang “santun”, begitulah kesan ane setelah mencoba motor ini. Tarikannya cukup kalem di kitiran mesin rendah, bahkan terasa kurang greng dibanding KTM RC 200 yang ane tes sebelumnya. Tapi kesan itu berubah ketika kami saling mengenal lebih dalam (halah), maksudnya ketika masuk area “sakral” DOHC di 6000 RPM keatas. Power delivery agak smooth, tapi torsi 2 silinder emang ga bisa bohong. Tinggal betot gas agak dalam, enteng lah kalo mau ngasepin motor 150cc an yang suka geber-geber alay di jalan. Kombinasi ciamik dari handling nyaman dan performa yang gak malu-maluin.  Must admire that this is one the best bike I’ve ever tested so far..
tampang puas setelah test ride,comfortgasm..

SOIB RACER 400
Namanya mungkin kurang familiar buat sebagian orang, maklum brand asli dalam negeri ini memang baru belakangan gencar mempromosikan beberapa tipe motor yang merupakan rebranding dari produk asal Tiongkok (CMIIW) yang telah dipasarkan secara global, Mash Motorcycle, salah satunya yang ane test kemaren, Soib Racer 400. Motor ini mempunyai desain menarik dengan nuansa retro yang kental, trus gimana handling dan performanya?

Handling : motor retro identic dengan santai, dan hal itu jelas terasa saat kita naik motor ini. ground clereance yang rendah, setang yang tinggi dan jok nan empuk bikin kita langsung menerawang sore-sore keliling komplek naik ini motor sama anak bini (oke sepertinya imajinasi ane terlalu jauh, my bad). Shockbreaker depan teleskopik dan belakangnya yang stereo juga empuk, enak banget buat dibawa jalan selow. Untuk ukuran motor 400cc ane rasa bobotnya juga gak terlalu berat, cocoklah mau dibawa harian atau sebagai motor hobi yang cuma keluar pas weekend. Oya, soal build quality motor ini lumayan rapi lo, pokoknya diatas produk-produk tiongkok yang beberapa tahun lalu marak beredar.


Performa : ngeliat dua silencer yang menyembul di samping swing arm, awalnya ane menyangka ini motor dua silinder. Tapi ternyata dugaan ane salah, ternyata mesinnya berkonfigurasi big single alias silinder tunggal, 400cc SOHC, air cooled, plus karburator. Dah kebayang torsinya bakal nyembur-nyembur, dan benar saja, begitu throttle ane betot agak dalam, ada sensasi ngangkat-ngangkatnya gans, buat ane yang  biasa pake bebek jadul 135cc, jelas menimbulkan sensasi tersendiri sekaligus was-was kalo salah betot gas trus kebalik, hahaha. Tapi ada dua kekurangan yang ane rasain waktu test ride singkat kemaren, yaitu kombinasi rem depan cakram dan tromol belakang sama jenis bannya bikin gak pede buat nikung (bukan nikung pacar temen lo) alias mereng-mereng, getaran di setang dan telapak kaki juga lumayan terasa, gak tau itu cuma perasaan ane karena kebawa kagok ato emang ada yang kurang pas di mounting or engine balancernya, hehe.

tinggal outfit menyesuaikan, motor n tampang udah retro abis, pftt

0 komentar:

Posting Komentar

 
Free Flash TemplatesRiad In FezFree joomla templatesAgence Web MarocMusic Videos OnlineFree Website templateswww.seodesign.usFree Wordpress Themeswww.freethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree CSS Templates Dreamweaver